Sabtu, 03 Oktober 2015

Apa kain yang terbaik untuk dipakai di iklim tropis?

Kehidupan sehari-hari di daerah tropis bisa ditoleransi bagi pengunjung yang mengenakan pakaian kurang ideal. Kain untuk iklim tropis memiliki sejumlah sifat yang membuat mereka sangat cocok untuk dipakai dan digunakan dalam daerah yang hangat dan lembab. Selain mencari pilihan kain yang lebih baik, yang terbaik adalah untuk mencoba pakaian senyaman mungkin, seperti pakaian yang ketat atau pas Anehnya bisa menjengkelkan dalam cuaca panas. Mungkin lebih mudah untuk membeli pakaian-tropis setempat, dan itu mungkin ide yang baik untuk memeriksa apa yang orang setempat kenakan.

Tetap terlihat keren

Suhu tinggi dikombinasikan dengan kelembaban yang tinggi dapat membuat hidup tidak nyaman, terutama bagi orang-orang yang tak terbiasa dengan kondisi seperti ini. Manusia tetap dingin terutama disebabkan oleh keringat: penguapan cairan mengambil suhu panas dari badan. Keringat menguap kurang cepat saat kelembaban tinggi, dan memiliki sedikit dari efek pendinginan. Karena alasan inilah, kain untuk iklim tropis harus memaksimalkan aliran udara melalui pakaian, memungkinkan panas dan udara lembab untuk keluar. Hal ini juga membantu jika pakaian itu longgar.

Pilihan kain

Beberapa kain cenderung akan memerangkap panas dengan menyediakan lapisan isolasi pada kulit. Lainnya cenderung memantulkan panas kembali ke tubuh dan menghambat aliran keluar dari pemanasan, udara lembab; ini berlaku untuk serat sintetis, seperti polyester. Faktor penting lainnya adalah kemampuan bahan untuk menyerap air. Serat sintetis cenderung menolak air; Serat sintetis membiarkan keringat keluar, mengurangi penguapan, dan menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi. Serat alam umumnya lebih baik dalam menyerap kelembaban dari kulit dan memungkinkan untuk menguap dari permukaan luar.

Sebagai aturan umum, kain yang terbaik untuk iklim tropis yang terbuat dari bahan alami seperti katun, linen dan rayon. Tegasnya, rayon adalah serat semi sintetis, tetapi terbuat dari bahan baku alami dan menyerupai serat alami dalam sifat-sifatnya. Bahan-bahan ini lebih dari sintetis seperti polyester. Wol dan sutra bukan pilihan yang tepat, karena mereka cenderung untuk mempertahankan panas, dan sutra dapat kehilangan sebagian kekuatannya melalui paparan sinar matahari yang kuat dan keringat.

Katun

Katun adalah bahan yang sangat baik untuk iklim tropis karena memungkinkan perpindahan udara dari kulit melalui kain, yang memungkinkan panas menghilang dan mengurangi kelembaban. Ia juga menyerap kelembaban dengan baik, menjaga kulit kering dan meningkatkan penguapan. Kecenderungan ini untuk menyerap air berpotensi juga menjadi masalah: dapat menjadi basah dan lembab untuk beberapa waktu. Siapapun yang telah memakai jins katun saat cuaca hujan akan tahu bahwa mereka menyerap banyak air dan butuh waktu yang lama untuk mengeringkannya. Ini, bagaimanapun, terbuat dari bahan tebal; pakaian bahan katun untuk panas harus terbuat dari kain tipis dan ringan.

Sifat lain yang bermanfaat dari bahan katun adalah bahwa itu dapat dicuci dan dikeringkan dengan mesin dicuci. Keringat menumpuk di iklim yang panas, kemampuan untuk mencuci pakaian dengan cepat dan mudah adalah keuntungan yang pasti. Katun juga mudah disetrika dan cukup tahan lama.

Linen

Seperti katun, linen sejuk dan punya daya serap tinggi, dan sangat nyaman dipakai. Menghilangkan air secara cepat ketika basah atau lembab, yang merupakan sesuatu yang bermanfaat dalam kondisi lembab. Bahan ini cukup tahan noda dan dapat dicuci dengan mesin cuci; Namun, Linen cenderung menjadi keriput dan berkerut dengan mudah, terutama ketika jatuh-kering, dan cukup sulit diseterika. Hal ini juga rentan terhadap jamur, yang bisa menjadi masalah di daerah dengan kelembaban tinggi.

Rayon

Kain ini dibuat dari selulosa alami, yang bergantung pada berbagai macam perlakuan kimia untuk membuat bahan berserat cocok untuk pakaian. Seperti katun dan linen, itu sejuk dan nyaman dipakai: itu tidak memerangkap panas tubuh, dan menyerap air dengan mudah, sehingga cocok untuk kondisi tropis. Rayon memiliki keterbatasan daya tahannya, dan harus dibersihkan dengan teknik dry cleaning bukannya dicuci biasa.

Hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan

Umumnya, kain berwarna terang lebih baik untuk iklim tropis, karena mereka memantulkan cahaya dan panas. Warna putih, krem, dan pastel adalah pilihan umum, dan mereka dapat bordir dengan benang untuk membuat desain warna-warni.

Apa kain yang terbaik untuk dipakai di iklim tropis? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MocopArt

1 komentar:

  1. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain katun berkualitas untuk membuat pakaian?.. Kunjungi toko kain kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus