Minggu, 04 Oktober 2015

Jenis-jenis bahan jilbab

Sebagian besar wanita yang memakai jilbab, mereka akan mengajukan beberapa pertanyaan yang jilbab terbuat dari bahan apa. Saat ini, banyak tersedia jilbab cantik dan elegantapi kita juga perlu tahu bahan apa yang digunakan. Berbagai jenis kain sangat berperan dalam menunjang penampilan kita saat mengenakan jilbab.

Yang paling penting tentang mengenakan jilbab adalah untuk menjadi nyaman di dalamnyaNamun, membuatnya tampil bergaya adalah bagian yang sulit!

Berikut jenis bahan untuk jilbab dan karakteristiknya:

Jilbab Katun

Kelebihan dari bahan ini adalah nyaman dipakai. Dapat digunakan sehari-hari. Perawatan jilbab katun juga sangat mudah. Sedangkan kelemahannya adalah bahan yang terbuat dari katun tidak dapat dibentuk menjadi berbagai kreasi karena bahannya agak tebal.

Jilbab Sifon 

Bahan ini paling sering digunakan untuk membuat jilbab. Jenis kain yang terbuat dari campuran bahan baku antara serat katun, sutra dan serat sintetis. Jenis kain jilbab mempunyai sifat tipis, licin dan agak panas ketika digunakan untuk bahan jilbab jika tidak ada kombinasi lain dalam desain hijaber itu sendiri. Meskipun demikian kain ini cukup banyak di gemari oleh wanita karena lebih ringan.

Jilbab Hycon

Jika sekilas dilihat kain fisik dengan bahan ini tidak terlihat berbeda dengan jenis jilbab sifon, itu lebih licin berbeda dari kain hycon, yang sifat materialnya bila dibandingkan lebih lembut dari sifon.

Jilbab Spandex Lycra

Spandex Lycra adalah kain berjenis serat sintetis yang dikenal memiliki elastisitas yang lebih baik dari karet spandex. Kain ini bisa mencapai tingkat elastisitas untuk ditarik hingga 100%. Jilbab spandex nyaman digunakan, bahan ini cukup mudah dirawat dan juga cukup mudah dalam proses pencucianny, cukup dicuci biasa dan keringkan di bawah sinar matahari. Bahan ini tidak panas digunakan dan sangat fleksibel. Bagian yang paling menarik dari kain ini memiliki efek mengkilap, meskipun tidak semua jenis kain spandex memiliki efek mengkilap.

Kain spandex juga memiliki banyak jenisnya:
1. Shirt Spandex (meregang, lebih murah, lebih cepat berbulu, dan dingin),
2. Lycra Spandex (lebih dikenal dengan nama Lycra). Memiliki sifat elastisitas yang tinggi, lebih kuat dan tahan terhadap setrika dengan panas tinggi, kekurangan bahan material lycra tidak menyerap keringat, bahan licin, meregang)

Jilbab Sutra

Kelebihan jilbab sutra adalah nyaman dipakai. Ini mudah untuk dibuat berbagai kreasi karena teksturnya yang lembut, dapat digunakan sehari-hari, materialnya juga cocok digunakan untuk pesta. Sementara kelemahannya adalah, mudah berkerut, kadang-kadang warnanya memudar, perawatan juga harus ekstra hati-hati supaya tahan lama.

Jilbab Polyester

Jilbab bahan polyester tidak mudah kusut, dapat digunakan sehari-hari atau untuk pesta, dan perawatannya juga mudah. Tapi kekurangan dari bahan ini adalah panas dan pengap ketika dipakai terutama saat cuaca panas, selain itu jilbab polyester juga agak sulit untuk dibentuk berbagai kreasi karena tekstur cenderung kaku. Tapi polyester georgete berbeda, sangat nyaman dipakai, mudah untuk diatur dan menyesuaikan segala cuaca.

Jilbab Rayon 

jilbab yang terbuat dari rayon memiliki kelebihan dingin jika dipakai, kelihatan casual, dapat digunakan untuk sehari-hari. Sementara kekurangannya mudah kusut, jangan sering dicuci, dan cepat menyebabkan aroma kurang sedap karena mudah menyerap keringat. Lebih baik jangan menggunakan jilbab berbahan rayon untuk pergi ke pantai atau saat membawa anak-anak.

Jilbab Jersey 

Ini terbuat dari kaos jersey dan kadang-kadang dipakai untuk membuat baju atau pakaian. Rasanya dingin dan nyaman untuk hijaber daripada menggunakan bahan dari lycra dan spandex.

Jilbab Voile 

Jenis kain jilbab mempunyai sifat yang mirip dengan jilbab bahan hycon, keduanya memiliki sifat halus dan lembut, bahan yang lembut dan halus sehingga cukup nyaman digunakan pada siang hari dan itu harus menggunakan inner, jenis kain kerudung ini tidak fleksibel, jadi bagian leher agak sulit untuk diatur karena tidak fleksibel, jenis kain kerudung ini ada yang terbuat dari katun, namun ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra atau polyester. Selain bahan di atas saat ini banyak jilbab yang modern juga dibuat dari bahan lain seperti kain twiscone, dll.

Jenis-jenis bahan jilbab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: MocopArt

3 komentar:

  1. lumayan, tapi kurang lengkap. mungkin bisa ditambah lagi

    BalasHapus
  2. Makasih ya tips dan trik nya sis, jangan lupa mampir ke toko jilbab saya ya di www.nggemesin.com update product tiap harinya

    BalasHapus